22 Maret 2016

Beberapa Hal yang Dibutuhkan dalam Desain Rumah

Diposting oleh    di    Tidak ada komentar:
 
Dalam mendesain sebuah bangunan, entah itu akan dipergunakan sebagai rumah, kantor, rumah sakit atau untuk tujuan lain, tentunya ada beberapa hal yang butuh perhatian besar. Hal ini didukung oleh banyaknya budaya dan tradisi yang tersebar di seluruh Indonesia. Bagi orang-orang yang akan mulai membangun rumah dengan gaya Indonesia bisa melihat beraneka ragam jenis rumah traditional dari Sabang sampai Merauke. Banyak rupa dan ragam arsitektur dan desain yang bisa jadi inspirasi entah itu model rumah panggung, rumah terbuka dan jenis rumah lainnya. Semakin banyak orang yang membangun rumah mereka dengan menerapkan gaya tradisional yang sulit ditemukan di Negara lain. Padu padan antara gaya tradisional dengan gaya modern juga banyak menginspirasi para ahli desain interior dan menjadi tantangan dalam hal meletakkan nuansa etnis ke dalam sebuah rumah modern.


 Jika pemilihan desain rumah sudah ditetapkan, hal ini kemudian berlanjut pada tahap berikutnya yaitu pembangunan. Tentu saja ada beberapa hal yang harus diingat mengenai proses pembangunan yang seharusnya sudah diatur sejak tahap rancangan atau desain. Indonesia adalah Negara tropis yang butuh perlakuan yang berbeda bila dibandingkan dengan membangun rumah di Negara sub tropis. Setelah proses pembangunan utama selesai, sekarang waktunya proses akhir atau penyelesaian. Proses penyelesaian atau finishing atau penataan interior perlu dilakukan dengan seksama. Proses ini akan melibatkan pemasangan atap (pilihlah material terbaik yang tahan lama), pemasangan lantai (banyak pilihan seperti lantai kayu, keramik, lantai vinyl, atau pilihan lain), pengecatan dinding atau pemasangan wallpaper dinding, dan berbagai hal lain termasuk pemasangan jaringan listrik dan air.

Pembangunan gedung untuk tujuan yang berbeda tentunya juga butuh perencanaan dan perhatian untuk hal yang berbeda pula. Para ahli desain interior tentunya akan membuat rancangan atau desain rumah sakit berbeda dengan desain rumah tinggal. Walaupun pada dasarnya proses perencanan tidak jauh berbeda, pembuatan desain rumah sakit jelas jauh lebih kompleks karena melibatkan lebih banyak ruang dengan tujuan yang berbeda-beda. Di masa sekarang ini sudah seharusnya rumah sakit menjadi tempat yang jauh lebih baik namun tetap memiliki desain yang efisien yang memudahkan orang-orang untuk berpindah dan bermobilisasi namun nyaman dan tenang sehingga para pasien bisa menikmati pereatan yang mereka terima dan hendaknya bisa melibatkan aspek estetika (bisa muncul dalam pemilihan warna,ataupun penataan ruang), yang menenangkan hati pasien dan keluarga yang cenderung gelisah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © 2014 Furniture Desain Interior Apartemen All Right Reserved
Designed by OddThemes